Ketahui Cara Membuat Teh Daun Kelor Yang Menyehatkan

Diposting pada

Ketahui Cara Membuat Teh Daun Kelor Yang Menyehatkan – Mungkin anda sudah mendengar tentang sebuah tanaman bernama kelor. Di kawasan Asia Tenggara sendiri tanaman kelor banyak dibudidayakan. Alasannya karena tanaman ini memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan. Anda juga dapat membuat sebuah olahan dari tanaman tersebut. Salah satunya adalah teh. Mungkin sebagian dari anda baru pernah mendengar tentang teh daun kelor tersebut. Namun nyatanya minuman tersebut sudah sering dikonsumsi untuk dapat menjaga kesehatan tubuh. Apakah anda ingin membuatnya? Tentu hal ini akan sangat mudah dilakukan jika anda mengetahui cara membuat teh daun kelor. Nah, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan beberapa langkah yang dapat anda tempuh untuk membuat teh tersebut.
Minum teh memang sangat nikmat saat sedang memiliki waktu luang. Saat ini anda juga dapat mencoba teh yang menyehatkan, yaitu teh daun kelor. Kandungan flavanoid yang ada pada teh tersebut mampu memperkuat tubuh dan juga menetralkan berbagai racun yang ada pada tubuh. Agar anda dapat mengkonsumsinya, berikut ini adalah cara membuat teh daun kelor tersebut:
• Memanen
Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk membuat varian teh tersebut adalah dengan mengumpulkannya. Tanaman kelor sangat mudah dijumpai di berbagai tempat. Anda dapat memetiknya secara mudah juga. Pilihlah daun dewasa yang paling hijau dan juga memiliki tanda kuning. Untuk jumlah, anda dapat menentukannya sesuai dengan kebutuhan.
• Pembersihan
Sebelum anda mengolah daun kelor yang sudah dipanen, anda harus membersihkanya terlebih dahulu. Buanglah ranting-ranting dan juga beberapa hal yang masih menempel pada daun. Anda juga harus membilasnya dengan air untuk dapat membersihkannya dari sisa debu dan serangga yang menempel. Apabila sudah bersih, maka tempatkan daun pada sebuah panci.
• Pengeringan Udara
Setelah daun kelor ditempatkan dalam sebuah panci, maka anda hanya perlu mengeringkannya. Cukup tempatkan panci pada tempat yang teduh dan juga memiliki kesejukan. Tunggulah sekitar tiga hari hingga daun layu. Dengan demikian, anda dapat segera mengolah daun tersebut. Jangan biarkan daun kelor terkena marahari langsung karena mengurangi kandungan gizi.
• Penghancuran
Pada proses ini, anda harus menyiapkan sebuah saringan. Letakan daun-daun yang sudah mengalami pengeringan udara di atas saringan tersebut. Jika sudah, maka goyangkan saringan hingga semua kotoran dan juga sisa lainnya yang masih menempel pada daun menghilang. Tangkai daun yang sudah kering akan secara otomatis terlepas pada tahap ini.
• Pengeringan dengan Wajan Kecil
Jika anda sudah membersihkan daun tersebut, maka selanjutnya anda harus mengeringkannya lagi. Namun anda harus menyediakan wajan karena pengeringan dilakukan dengan menggunakan api kecil. Proses ini dilakukan untuk dapat menghilangkan kelembapan daun dan mencegah daun membusuk. Jika daun benar-benar kering, maka segera tiriskan dari wajan agar tidak hancur.
• Penyimpanan
Agar dapat mempertahankan citarasa dan juga khasiat yang terkandung di dalamnya, maka sebaiknya anda menggunakan toples kaca. Adanya penyimpanan dengan menggunakan wadah tersebut akan mampu mencegah proses oksidasi. Hal ini memungkinkan umur dari teh daun kelor lebih lama. Dengan demikian, anda dapat menikmatinya setiap waktu dan dalam momen tertentu.
Itulah tadi beberapa cara membuat teh daun kelor yang dapat anda terapkan sendiri di rumah. Tentunya anda akan mendapatkan beberapa manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh. Jika anda masih belum terlalu memahami cara membuat teh daun kelor kering, maka anda dapat lebih memahaminya denga memanfaatkan internet.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.