Manfaat Teh Daun Tin dan Cara Mengolahnya

Diposting pada

Manfaat Teh Daun Tin dan Cara Mengolahnya – Buah tin adalah salah satu buah yang spesial khususnya bagi umat muslim. Tidak hanya buahnya, ternyata daun pohon tin pun memiliki segudang manfaat bagi tubuh kita. Daun pohon tin bisa diolah menjadi teh. Di dalam daun buah surga ini terkandung berbagai zat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti Triterpenoids, Fixed oils, karbohidrat, steroids and sterols, flavonoid, protein, asam amino, cumarines, dan glycosides.
Berikut adalah khasiat teh daun tin untuk kesehatan:
Coumarin dan flavonoid yang terkandung pada teh daun tin berkhasiat sebagai antioksidan, sehingga bermanfaat untuk anti tumor dan anti kanker.
Teh daun tin dapat mengatasi bronkitis, asma atau sesak nafas, dan juga dapat menjadi obat pengencer dahak
Teh daun tin dapat mencegah dan mengobati wasir
Teh daun tin dapat mengatasi sirosis hati
Pennyakit maag dapat diatasi dengan mengunyah dan menelan daun tin yang telah dihilangkan getahnya
Teh daun tin dapat menstabilkan tekanan darah
Sifat diuretik pada daun tin membuatnya bermanfaat untuk meluruhkan batu ginjal
Daun tin adalah memiliki trigliserid yang rendah. Mengkonsumsinya secara rutin dapat mengnurangi resiko obesitas dan serangan jantung.
Teh daun tin dapat menstabilkan tekanan darah
Teh daun tin membantu mengurangi kadar asupan insulin pada tubuh. Hal ini berdampak pada kandungan gula darah yang berkurang sedikit demi sedikit sehingga sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Hal ini juga dianjurkan oleh The American Diabetes Association. Sehingga bagi penderita diabetes dapat mengurangi kebutuhan insulin melalui suntikan.
Berikut ini adalah cara mengolah daun tin menjadi teh daun tin yang siap untuk dikonsumsi:
Petik daun tin dari pohonnya dan hilangkan tangkainya karena mengandung getah yang banyak.
Cuci daun tin sampai bersih hingga getahnya hilang.
Tiriskan daun tin lalu direbus dan diminum airnya.
Anda juga dapat mengeringkan daun tin setelah ditiriskan apabila anda ingin membawanya ketika bepergian.
Aturan konsumsi:
Untuk daun tin segar atau yang baru dipetik, gunakan satu lembar daun tin untuk direbus dan disajikan pada dua gelas berukuran 250 ml. Sedangkan untuk daun tin kering, hancurkan daun tin terlebih dahulu hingga menjadi bubuk daun tin kasar lalu ambil 1 sdt atau 1,3 gr untuk 2 gelas berukuran 250 ml. Selanjutnya seduhlah bubuk tersebut dengan air panas dan jangan lupa ditutup agar kandungan pada teh daun tin tidak hilang terbawa uap air.
Dapat dikonsumsi dengan gula atau tanpa gula
Anda juga dapat menambahkan bahan – bahan lainnya agar lebih nikmat, seperti jeruk nipis, lemon, kayu manis, madu, dll..
Aduk teh daun tin secara merata.
Minumlah teh daun tin dalam keadaan hangat, jangan konsumsi teh daun tin ketika sudah lebih dari 12 jam karena kadar zat di dalamnya sudah berubah dan tidak layak lagi untuk dikonsumsi. Teh daun tin ini juga dapat disimpan di dalam lemari es namun dalam keadaan tanpa gula.
Untuk tujuan pengobatan, takaran daun tin bisa dilebihkan sedikit. Bisa ditambahkan sekitar 1 – 2 lembar lagi. Namun jangan terlalu berlebihan karena apapun yang berlebihan itu tidak baik. Apabila terjadi indikasi yang tidak diinginkan pada tubuh anda seusai mengkonsumsi teh daun tin segeralah hubungi dokter terdekat.
Demikianlah informasi mengenai khasiat dan cara mengolah daun tin. Manfaat dari teh daun tin dapat anda rasakan ketika mengkonsumsinya sesuai dengan aturan. Dan tentunya menjaga pola hidup sehat adalah faktor yang juga sangat penting bagi tubuh kita.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.